Cara Merawat Kamera DSLR – SLR Kesayangan

2 views

Cara merawat kamera DSLR-SLR kesayangan, arr.web.id. Banyak diantara Anda yang setia menggunakan kamera SLR yang tentu saja memiliki kelebihan menarik dan membuatnya layak untuk dimiliki. Soal jenis kamera memang setiap orang memiliki selera sendiri-sendiri, sehingga tidak ada aturan saklek. Meskipun jenis kamera terus berkembang dan beberapa jenis lawas mulai ditinggalkan namun beberapa jenis lawas ini mampu bertahan. Kamera jenis SLR menjadi salah satu contohnya sebab menggunakan roll film dan pernah tergusur oleh kamera digital dengan memory card.

Cara Merawat Kamera DSLR atau SLR

Karakter Khas dari Model Kamera DSLR – SLR

Namun gerusan ini tidak bertahan lama sebab beberapa fotografer merasa lebih nyaman memakai kamera model SLR. Pasalnya memiliki karakter khas yang menjadi kelebihannya, karakter khas ini antara lain:

  • Tidak memakai kartu memori sebab hasil foto tersimpan dalam rol film fotografi,
  • Tidak banyak memiliki tombol sehingga dari segi penggunaan jauh lebih simpel,
  • Hasil foto alami dan dijamin berkualitas meski minim pengaturan,
  • Ukuran dan harga yang bisa diandalkan,

Kamera model ini memang sudah ada sejak lama bahkan jauh sebelum masyarakat berkenalan dengan kamera digital. Kamera digital di awal kemunculannya pun dibandrol dengan harga yang tidak murah sehingga hanya dijangkau kalangan terbatas. Bertambahnya waktu kamera digital ini terus berkembang dan kemudian dengan fitur dan teknologi terkini bisa dikemas dengan harga terjangkau. Menariknya kamera model SLR masih memiliki penggemar setia dan mayoritas di kalangan fotografer profesional.

Cara merawat kamera DSLR – SLR dengan Baik

Bagi yang sudah jatuh hati dan memilih kamera SLR sebagai senjata andalan dalam membidik obyek foto, maka pastikan memilih dengan tepat. Selain itu wajib tahu cara merawat kamera yang sudah dipilih tadi, dan berikut adalah beberapa cara terbaiknya:

 

  1. Gunakan dengan benar,

Setiap jenis kamera memiliki mekanisme tersendiri supaya bisa digunakan dengan baik dan terawat supaya awet. Pahami konsep pemakaian kamera jenis DSLR atau SLR dengan tepat mulai dari cara membidik obyek, melepas beberapa komponennya, dan lain sebagainya.

 

  1. Menjaga kebersihan kamera,

Kamera memiliki beberapa bagian yang sangat sensitif tidak terkecuali dengan kamera jenis SLR ini. Sensitifitas ini sangat erat kaitannya dengan kebersihan kamera tersebut dimana kamera yang terlalu lama kotor akan memiliki umur lebih pendek dibanding yang dijaga kebersihannya. Maka usahakan untuk memperhatikan kebersihan kamera andalan, bisa dibersihkan sendiri atau jika khawatir bisa meminta tolong penyedia jasa khusus membersihkan kamera model satu ini.

 

  1. Simpan dengan baik dan aman,

Ketiga cara yang harus Anda perhatikan adalah simpanlah kamera Anda ddengan baik dan pastinya aman. Mengingat kamera merupakan barang yang sangat sensitif dan untuk bisa membeli yang baru biasanya butuh jeda karena perlu menabung dulu. Otomatis selain memperhatikan kebersihannya juga diperhatikan bagaimana cara Anda menyimpan kamera tersebut. Apalagi jika disimpan untuk waktu lama maka pastikan menyediakan tempat yang kering, bersih, dan tentu saja diberikan pelindung yang tepat seperti balutan kain atau wadah khusus. Penyimpanan yang tepat mencegah kerusakan sehingga bisa dipakai lebih lama.

 

  1. Hindari sembarangan meletakan kamera,

Kamera bagi seorang fotografer maupun yang sangat hobi jeprat-jepret akan selalu dibawa bepergian, bahkan sekedar pergi makan ke warung dekat rumah. Otomatis kamera ini akan sering ditenteng untuk selanjutnya diletakan, supaya awet perhatikan dimana kamera tersebut diletakan. Usahakan di tempat yang bersih dan kering kemudian jangan meletakan kamera terlalu lama di dashboard mobil sebab sangat lembab. Memahami hal ini akan membantu melindungi kamera DSLR atau SLR terbaik selalu sehat dan tahan lama.

 

  1. Hindari kamera dari tangan yang minyak, kotor dan bergaram

Cara yang bisa kami berikan terakhir ini sangatlah perlu. Meskipun sederhana, akan tetapi patut harus Anda hindari dan waspadai. Jika Anda membersihkan dengan sendiri bisa saja. Akan tetapi, sesuatu yang sulit terjangkau jika sudah terkena justru akan lebih sulit membersihkannya. Nah, bila menggunakan layanan pembersihkan kamera yang khusus membersihkan kamera, tentu memerlukan biaya tambahan atau bahkan lebih biayanya. Maka, dari itu jika memiliki kamera digital maupun non digital (analog) tentu haruslah dirawat. Tujuannya tentu menghasilkan bidikan atau gambar yang jelas dan bersih.

Nah itulah kelima yang bisa kami berikan. Cara merawat kamera DSLR – SLR meskipun teorinya simple atau tidak terlalu sulit, akan tetapi biasanya pelaksanaan akan menjadi sulit untuk kita lakukan/ laksanakan.