Kelebihan Kekurangan Kamera Mirrorless, Cek Disini

4 views

Kelebihan kekurangan kamera mirrorless, arr.web.id. Seorang fotografer profesional maupun bagi seseorang yang baru menggeluti dunia fotografer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kamera mirrorless. Mirrorless kini telah populer di beberapa kalangan dan kamera ini telah mengalahkan kepopuleran jenis kamera lain, seperti DSLR. Walaupun berbeda, mirrorless juga memberikan fungsi dan kegunaan yang sama dengan kamera lain. Secara umum, kamera memang difungsikan untuk mengambil gambar tertentu yang akan dijadikan sebagai kenangan.

Kelebihan Kekurangan Kamera Mirrorless

Daftar table kelebihan kekurangan kamera mirrorless:

Kelebihan kekurangan kamera mirrorless
Nomor Kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless Kekurangan
1 Tidak memiliki cermin pegangan yang kurang nyaman
2 Desain minimalis Bobot berat yang ringan, sehingga berpengaruh buruk pada pengguna
3 Aksesoris dan lensa beragam Boros dalam penggunaan baterai
4 Teknologi live preview Kurang responsif EVF
5 Menggunakan elektronik view finder Subject tracking/continous autofocus masih lemah

Kamera mirrorless memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan tersebut dapat dirasakan jika telah memiliki atau menggunakan kamera tersebut:

Kelebihan kamera mirrorless,

Jenis kamera ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya ialah:

 

  • Tidak memiliki cermin,

Berbeda dengan jenis kamera lainnya, jenis kamera ini tidak memiliki cermin sebagai mana mestinya. Selain itu jenis kamera ini juga dapat meminimalisir terjadinya guncangan saat pengambilan gambar dengan memberikan keuntungan dalam perakitan.

 

  • Desain minimalis,

Keuntungan atau kelebihan lain dari kamera ini ialah memiliki desain yang minimalis, yang mana artinya kamera ini memiliki bentuk yang lebih kecil serta berat yang lebih ringan dibanding dengan jenis kamera lain. Jadi, dengan menggunakan kamera ini maka para traveling dapat dengan mudah membawa kamera untuk mengambil beberapa gambar saat perjalanan.

 

  • Aksesoris dan lensa beragam,

Mirrorless merupakan jenis kamera yang memiliki aksesoris serta lensa kamera yang sangat beragam. Sehingga para pengguna kamera dapat dengan mudah jika ingin mengganti-ganti lensa. Selain itu ada beberapa jenis kamera yang didesain untuk bisa mengadopsi mirrorless dengan lensa yang bukan sejenis.

 

  • Teknologi live preview,

Jenis kamera ini tidak menggunakan view finder seperti jenis kamera lain, tapi kamera ini menggunakan teknologi live preview. Dimana ketika digunakan untuk mengambil gambar maka memerlukan LCD untuk memperjelas gambar.

 

  • Menggunakan elektronik view finder,

Kelebihan selanjutnya ialah kamera ini menggunakan elektronik view finder. Oleh karena itu, hasil gambar yang didapat dari kamera ini adalah tampilan yang sama antara LCD dan EVF.

Kekurangan kamera mirrorless,

Ada beberapa kekurangan dari jenis mirrorless. Beberapa kekurangannya adalah:

 

  • Memiliki pegangan yang kurang nyaman,

Beberapa pemakai mengatakan bahwa pegangan yang dimiliki dari mirrorless sedikit tidak nyaman karena bentuknya yang minimalis maka ketika dalam pengambilan gambar akan membuat seseorang kurang nyaman. Akan tetapi hal ini bisa dihilangkan jika Anda menggunakan baju kamera.

 

  • Bobot berat yang ringan akan berpengaruh buruk pada pengguna,

Dengan memiliki bobot yang ringan sebenarnya juga sangat dikhawatirkan ketika kamera tersebut dibawa untuk bepergian mendaki gunung misalnya. Biasanya udara atau angin gunung akan bertiup kencang dan penggunaan kamera ini sangat mengerikan karena takut terjatuh.

 

  • Boros dalam penggunaan baterai,

Kekurangan dari mirrorless selanjutnya ialah kamera ini memiliki baterai yang penggunaannya sangat boros, karena baterai yang digunakan hanya dapat bertahan hingga 3 sampai 4 jam saja. Sehingga ketika digunakan maka diperlukan baterai cadangan.

 

  • Kurang responsif EVF

EVF atau Electronic Viewfinder merupakan jendela bidik yang berukuran kecil terdapat pada kamera yang bisa melihat objek dan diproyeksikan secara elektronik sebuah layer mini. Hal ini yang biasanya digunakan oleh para fotografer, sehingga evf kamera mirrorless tidak responsif.

  • Mode continous masih lemah

Kamera mirrorless dikenal dengan beratnya yang ringan dan ringkas. Hal inilah salah satu kelebihan yang dibuat perusahaan pembuatan kamera mirrorless. Hal tersebut yang menjadi salah satu kekurangannya. Sedangkan untuk autofocusnya masih lemah dan mengandalkan contrast detect, sehingga apabila memotret benda yang bergerak akan mengalami lelet dan lemah.

Baca juga: Cara merawat kamera DSLR SLR

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut, kamera mirrorless tetap tidak kalah populer dengan jenis kamera lain. Terlebih jenis mirrorless memiliki harga yang lebih murah yang dapat dijangkau oleh siapa saja, sehingga banyak orang-orang yang lebih mengincar kamera ini. Bukan hanya itu saja, alasan lain orang-orang memilih mirrorless juga karena dapat menghasilkan gambar yang tidak kalah bagus dengan kamera lain.

Yups, itu saja yang bisa kami berikan kelebihan kekurangan kamera mirrorless. Silakan pertimbangkan jika membelinya.