Menggunakan Strategi Content Marketing Untuk UKM

3 views

Content marketing merupakan salah satu strategi dengan melakukan teknik pemasaran melalui tulisan atau konten. Hal ini penting untuk semua kalangan pada usaha online, tidak yang tidak perlu. Selain, mengiklankan bisnis secara online, menggunakan email marketing, menggunakan pengoptimasian hasil pencarian, content marketing tentu sangat berperan penting dalam hal bisnis online. Betapa tidak setelah menggunakan strategi atau teknik yang telah disampaikan tadi kalau tidak ada yang namanya content marketing maka tentu akan bisa terjadi konversi [Baca betapa pentingnya CRO (Conversion Rate Optimization pada usaha bisnis e-commerce].

Terkadang ketika ingin membuka bisnis, ketakutan pertama yang akan dihadapi tentu adalah masalah permodalan. Banyak orang merasa bisnis usaha kecil tidak memiliki prospek karena kalah dengan pemodal besar. Padahal faktanya, ketika krisis moneter beberapa kali menimpa Indonesia bisnis dengan modal terbatas alias UKM lah yang mampu bertahan. Lalu bisakah content marketing yang sekarang sedang tren ini digunakan sebagai strategi pemasaran bagi usaha kecil menengah yang sedang Anda kembangkan? Jawabannya adalah sangat bisa.

Ada banyak alasan mengapa strategi pemasaran secara digital seperti yang banyak dibicarakan saat ini, cocok digunakan untuk antara lain pada strategi content marketing untuk ukm:

1. Iklan bayaran (Paid)

Ada salah satu cara pemasaran melalui internet yang bisa dibayar ketika ada orang yang melihat, klik dan lain sebagainya. Dengan strategi ini Anda bisa melihat apakah iklan ini memiliki dampak terhadap bisnis Anda atau tidak, dengan kata lain bisa dilihat secara statistik.

2. Video

Anda bisa berkreasi dengan banyak cara untuk memasarkan produk, seperti misalnya menggabungkan video dengan kalimat, kalimat saja atau mungkin gambar saja, terserah apa yang paling mewakili produk.

3. Hasil mesin pencari (Search Engine)

Strategi ini bisa dikatakan mahal, mudah dan bahkan tidak masuk akal. Hal ini pun bisa sebaliknya. Memanfaatkan search engine adalah hal yang perlu dipertimbangkan. Ini dikarenakan semuanya membutuhkan informasi secara cepat dan akurat dan terpercaya.

4. Konten

Konten dengan penulisan yang baik, maka akan dapat menyaring sebagian pembaca/pengunjung situs.

Mungkin menurut Anda, hal diatas tidak masuk akal karena memang kemampuan yang Anda miliki terbatas. Maka, sebenarnya saat ini banyak sekali penyedia jasa pembuat pemasaran konten yang bisa Anda temui. Baik yang memberikan jasa secara online maupun offline. Adapun biasanya jasa yang ditawarkan seperti yang dibawah ini:

1. Bagaimana memilih media yang pas untuk mengiklankan atau memperkenalkan produk, termasuk kapan iklan tersebut ditayangkan.

2. Bagaimana konten atau isi dari strategi pemasaran yang sesuai, termasuk merangkai kalimat yang bisa menarik pembeli dan lainnya.

3. Memberikan analisa statistik orang yang melihat iklan Anda dan mengevaluasi untuk mengetahui apa yang harus dilakukan setelahnya.

Memang pada dasarnya dengan menggunakan internet semua kebutuhan bisnis kita menjadi semakin mudah. Dengan biaya terbatas banyak hal yang bisa kita capai. Namun Anda juga perlu berhati-hati, karena terkadang ada orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan internet sebagai sarana untuk berbuat yang melanggar hukum. Selain itu, Anda juga harus bersabar jika ingin menggunakan content marketing sebagai sarana pemasaran. Karena seperti disampaikan sebelumnya, butuh waktu untuk melihat hasil dari strategi ini.

 

Referensi: http://partneriklan.com/efektif-membuat-strategi-content-marketing-untuk-ukm/ (31 Januari 2016)